megetik sambil bermain

Belajar Mengetik Sambil Bermain

Saturday, 3 May 2008 · 12 Comments

Typer Shark - mengetik 10 jari

Salah satu metode belajar yang menarik adalah belajar sambil bermain. Dengan metode ini pikiran kita akan lebih rileks dalam belajar. Karena kita tidak merasa “terbebani” dengan kata belajar. Dulu, banyak yang menganggap kalau belajar itu menjemukan dan nggak asyik. Tapi, sekarang berbeda. Banyak sekali metode belajar yang dikemas dalam permaian. Salah satunya belajar mengetik 10 Jari.

Pertama kali saya belajar mengetik sepuluh jari terasa sangat membosankan. Karena metode belajar mengetiknya hanya dengan menggunakan mesin ketik dan selembar tulisan yang harus diketik ulang dengan mengetik menggunakan 10 jari. Karena saya termasuk tipe orang yang moody, maka belajar mengetik sepuluh jari tidak berlangsung lama. Setelah hampir satu bulan, akhrinya saya kembali lagi ke pola lama, mengetik dengan 11 jari alias memakai jari telunjuk saja .

Mengetik sepuluh jari

Setelah memiliki komputer, saya pun bertekad untuk belajar mengetik sepuluh jari. Namun, saya ingin menggunakan cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Salah seorang teman pun menyarankan untuk menggunakan Typer Shark Deluxe, sebuah aplikasi game buatan popcap games. Didalam game ini kita ada dua mode, yakni Tutorial Mengetik (Typing Tutor) dan Permainan Mengetik (adventure dan abyss). Kalau ingin belajar dan mengukur kemampuan mengetik pakai mode typing tutor, tapi kalau ingin langsung belajar sambil bisa langsung memilih Permainan Mengetik (kalau saya langsung pilih yang permainan aja ). Di dalam permainan ini kita harus menembak ikan pemangsa seperti hiu agar tidak mendekati kita dengan mengetikkan kata-kata di tubuh si ikan. Semakin cepat dan akurat ketikan kita, semakin banyak ikan pemangsa yang bisa kita hancurkan. Karena keinginan kuat untuk belajar mengetik sepuluh jari, maka saya mencoba untuk disiplin dengan menggunakan 10 bukan 11 jari. Dengan Typer Shark Deluxe, saya pun betah berlama-lama memainkannya. Walau pertama masih terbata-bata lama kelamaan saya bisa semakin cepat. Alhasil, secara tidak langsung kemampuan mengetik 10 jari saya bisa semakin terasah .

Salah satu keuntungan kita bisa mengetik sepuluh jari adalah proses mengetik jadi lebih cepat. Secepat apapun mengetik 11 jari kamu masih kalah cepat dengan mengetik 10 jari. Karena dengan sepuluh jari tiap jari sudah ada tugasnya masing-masing. Percaya deh, saya sudah pernah membuktikannya . Disamping itu, kita bisa chatting di yahoo messenger dengan lebih cepat dan lebih menyenangkan, apalagi kalau lawan chatting replynya cepat sekali

So, kalau kamu ingin belajar mengetik cepat dengan sepuluh jari coba aja main game Typer shark Deluxe, Dijamin lebih menyenangkan. Kalau kita bisa belajar sambil bermain, buat apa belajar sambil pusing. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: